cara daftar kerja lewat email

6 Langkah Cara Daftar Kerja Lewat Email

Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan pekerjaan. Selain dengan mendatangi langsung calon tempat kerja, Anda pun ternyata bisa melamar pekerjaan lewat email. Tentunya ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Ketika Anda memutuskan untuk mendaftar kerja lewat email, seluruh bentuk komunikasi antara Anda dan calon tempat kerja haruslah seprofesional mungkin. Dengan cara ini, Anda bisa memperbesar kemungkinan lamaran Anda dibaca dan dipertimbangkan oleh perusahaan. Untuk lebih detilnya berikut cara daftar kerja lewat email.

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan

Ketika Anda memutuskan untuk mengirim lamaran kerja lewat email, jangan lupa turut melampirkan seluruh dokumen yang dibutuhkan dalam format yang sesuai.

Umumnya, Anda perlu melampirkan dokumen dalam format PDF atau Microsoft Word (.doc atau .docx). Jika foto diri Anda dibutuhkan, pastikan mengirimnya dalam ukuran dan format yang dibutuhkan perusahaan, biasanya 3×4 atau 6×8 cm dalam format .jpeg atau .jpg.

Perlu juga diperhatikan bahwa dalam penamaan dokumen tersebut, gunakan format yang ditetapkan oleh perusahaan tempat Anda melamar. Jika tidak ada format khusus, gunakan nama Anda sehingga perusahaan yang Anda lamar bisa mengetahui lamaran siapa yang mereka terima.

2. Menentukan subyek email

Subyek email adalah bagian penting dalam mengirimkan lamaran kerja lewat email. Subyek email yang tepat akan membantu bagian perekrutan karyawan di perusahaan tempatmu melamar untuk mengetahui siapa dirimu dan posisi yang kamu incar. Pastikan kamu sudah menuliskan subyek email sebelum menulis bagian isi email. Dengan begini, kamu tidak akan lupa.

3. Menulis badan surat di email

Setelah semua CV dan surat lamaran kamu siapkan, kini saatnya untuk menulis badan surat di email lamaran kerjamu.

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan. Cara yang pertama adalah dengan menulis teks lamaran yang baru. Sedangkan cara yang kedua adalah menyalin seluruh teks yang terdapat pada surat lamara.

Terlepas dari cara yang kamu pilih, mohon pastikan kamu telah mengikuti seluruh persyaratan terkait surat lamaran dan CV agar setidaknya dipertimbangkan oleh perusahan tempatmu melamar.

Pastikan badan surat pada email lamaranmu jelas dan tidak bertele-tele. Ada baiknya isi email lamaran yang kamu kirimkan tidak melebih 2 – 3 paragraf singkat.

4. Menambahkan tanda tangan di email

Salah satu unsur penting dalam cara daftar kerja lewat email adalah melampirkan informasi tentang dirimu sendiri, tentunya di samping tanda tangan. Pastikan kamu melampirkan informasi kontak pribadi, mulail dari nama lengkap, alamat email, dan nomor yang dapat dihubungi persis di bawah tanda tangan. Dengan begini, jika kamu dipertimbangkan untuk mengikuti wawancara, perusahaan tempatmu melamar bisa dengan mudah menghubungimu.

5. Menyertakan lampiran

Setelah bagian badan email lamaran selesai, kini tiba saatnya melampirkan riwayat hidup (CV) dan surat lamaran ke email lamaranmu.

Jika kamu menggunakan Gmail untuk mengirimkan lamaran kerja, cukup klik simbol klip kertas untuk melampirkan kedua dokumen ini ke dalam email lamaran kerja.

6. Periksa kembali

Ini merupakan tahap terakhir dalam cara daftar kerja lewat email. Sebelum kamu mengirimkan email lamaran kerja, pastikan kamu sudah memeriksa ulang seluruh email, termasuk subyek email, isi email, bahasa yang digunakan, dokumen yang dilampirkan, dan lain-lain.

Lalu, yang paling penting adalah pastikan kamus udah memasukkan alamat email yang benar dari perusahaan tempatmu melamar. Jangan sampai kamu mengirim email ke alamat yang salah karena semuanya nanti akan menjadi sia-sia.

Terakhir, jangan lupa mengirimkan satu salinan ke alamat emailmu sendiri, selain ke perusahaan tempatmu melamar. Kamu bisa melakukannya dengan mencantumkan alamat emailmu ke bagian Bcc atau blind carbon copy. Bagian ini biasanya terletak persis di bawah Cc pada bagian alamat email penerima.

Setelah kamu memeriksa semua bagian email lamaranmu dan yakin tidak ada yang ketinggalan atau salah, silahkan mengirim email lamaran tersebut ke perusahaan tematmu melamar. Tunggu beberapa hari dan, jika memang kamu punya keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut, kamu akan segera dihubungi. Untuk lowongan-lowongan pekerjaan lainnya, bisa lihat jobstreet.co.id

Lihat tips-tips kesuksesan lainnya di pemudasukses.com