tips berbicara di depan umum

7 Tips Berbicara di Depan Umum

Jika Anda masih merasa gugup ketika harus berbicara di depan umum, Anda tidak sendirian. Hal ini sangat wajar, bahkan bagi para pembicara berpengalaman sekalipun. Namun, bukan berarti Anda tak bisa berbuat apa-apa untuk memperbaikinya. Berikut tips berbicara di depan umum yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Persiapan menjadi kunci

Jika Anda ingin berbicara semulus mungkin, hal ini mustahil tanpa persiapan yang matang. Mulailah dengan mempelajari materi Anda. Tuliskan bagian-bagian inti dari topik yang ingin Anda sampaikan dan susun secara logis agar seluruh bagian saling terhubung satu sama lain. Pertimbangkan juga menggunakan media interaktif semacam cerita, ilustrasi, property, video, atau gambar dalam presentasi Anda.

2. Bentuk pembicaraan anda menjadi cerita yang menarik

Salah satu unsur penting dalam tips berbicara di depan umum adalah mampu menceritakan kisah yang menarik. Mari kita ambil satu contoh. Ketika Anda ditugaskan untuk mengenalkan pembicara lain di ujung presentasi Anda, alih-alih hanya membaca riwayat hidupnya, ceritakan tokoh tersebut menurut Anda secara pribadi. Sebelum acara, cari tahu tentang tokoh dengan berbicara langsung dengannya. Jika Anda tak bisa bertemu dengannya, coba berbincang lewat telepon atau Skype. Dengan cara ini, bukan hanya Anda bisa mengurangi porsi formalitas dalam sebuah presentasi, tapi juga mampu membaur dengan penonton dengan baik, terutama dari segi sudut pandang mereka.

3. Pahami pemirsa Anda

Pada titik ini, Anda sudah mengetahui materi yang ingin Anda sampaikan, tapi cara untuk menyampaikannya ke penonton adalah hal yang sama sekali berbeda. Pertama, Anda wajib tahu siapa yang akan menjadi penonton Anda nanti. Cari tahu cara untuk membaur dan berbicara layaknya sahabat dengan mereka. Cari tahu latar belakang dan tujuan mereka datang ke acara tempat Anda berbicara nanti. Kenapa mereka mau datang? Apa yang ingin mereka dengar? Pahami juga rentang umur para penonton Anda. Demografi penonton adalah hal krusial ketika Anda harus berbicara di depan umum. Tak perlu mengandalkan survei untuk hal-hal semacam ini, cukup mengobrol langsung secara pribadi dengan beberapa penonton sebelum acara akan memberi informasi penting ini.

4. Kuasai materi

Ambil contoh Anda akan menyampaikan topik tentang asmara. Alih-alih hanya bergantung pada teori, sampaikan juga pengalaman pribadi Anda atau pelajaran yang Anda petik dari kisah romansa terkenal. Gunakan pelajaran-pelajaran semacam ini untuk membangkitkan minat para pendengar.

Tak lupa, Anda juga butuh meneliti tentang topik tersebut. Pelajari dan cari tahu apa yang kira-kira orang ingin tahu dari materi tersebut. Hubungkan dengan contoh yang benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Jika memungkinkan, coba pelajari pendapat dari para ahli di bidang terkait untuk mendapat data tambahan. Data-data valid semacam inilah yang kelak akan membangun rasa percaya diri dalam diri Anda ketika menyampaikannya di depan umum.

5. Bangun aura positif

Tipe pembicara seperti apakah Anda? Ketahui kelebihan dan kekurangan Anda sebagai pembicara. Apakah Anda seorang humoris atau pencerita ulung? Mungkin Anda seseorang yang bisa mengajar dengan baik, terutama dalam menjelaskan konsep yang rumit lewat penjelasan yang sederhana dan gampang dimengerti. Sebelum Anda berbicara di depan umum, ketahui dan fokuslah pada satu tipe spesifik. Dengan cara ini, Anda bisa mengoptimalkan seluruh kelebihan Anda di atas panggung.

6. Nikmati lingkungan Anda berbicara

Periksa tempat Anda akan berbicara nanti. Kenali lingkungannya. Dengan mengetahui lingkungan tempat Anda berbicara kelak, Anda bisa dengan mudah mempersiapkan lingkup gerak Anda nantinya.

Hal ini karena ruang tempat Anda berbicara akan mempengaruhi gestur dan gerak tubuh Anda selama berbicara di depan umum. Ruang yang luas membutuhkan gestur yang besar dan pergerakan yang banyak dan lebar. Sementara itu, ruang yang lebih sempit membutuhkan hal sebaliknya. Dengan mengetahui hal semacam ini, Anda bisa mengetahui gestur dan pergerakan apa yang sebaiknya Anda lakukan ketika berbicara di depan umum nanti. Salah satu tips berbicara di depan umum yang lumayan efektif ketika berbicara di tempat kecil adalah dengan memanfaatkan pandangan mata. Cara ini cukup sederhana tapi bisa memikat perhatian para pemirsa Anda.

7. Penampilan Anda berpengaruh

Tak hanya untuk mengejar wanita, penampilan anda sangat berpengaruh saat berbicara di depan umum. Tak selamanya menjadi pembicara membutuhkan pakaian yang perlente. Yang Anda butuhkan cuma 1: penampilan Anda membuat Anda semakin percaya diri. Kenakan pakaian yang rapi dan sopan. Tidak melulu harus jas. Sepanjang pakaian tersebut nyaman dan menghormati pemirsa Anda, Anda bebas untuk memilih antara pakaian formal atau non-formal.