cara negosiasi gaji

2 Jenis Cara dan Tips Lengkap Negosiasi Gaji

Negosiasi gaji adalah salah satu cara terbaik dalam meningkatkan gaji, baik pada saat wawancara kerja maupun penilaian kinerja karyawan. Beberapa dari Anda mungkin merasa tidak nyaman ketika meminta kenaikan gaji, tapi mau tidak mau, cara ini harus dilakukan terutama jika Anda menganggap perusahaan belum memberi imbalan yang layak untuk sumbangsih Anda pada perusahaan. Untuk membantumu mendapatkan gaji yang sesuai, berikut cara negosiasi gaji yang bisa kamu terapkan.

Dalam menegosiasikan gaji, harap diingat bahwa kamu sedang ‘menjual’ dirimu sendiri ke perusahaan. Jika kamu sendiri tidak yakin seberapa pentingnya dirimu bagi perusahaan tempatmu bekerja, bagaimana mungkin mereka bisa mempercayainya dan memberikan kenaikan gaji? Fokus pada manfaat yang sudah kamu berikan ke perusahaan, bukan malah membanding-bandingkan gaji. Ketika menegosiasikan gaji, sampaikan pencapaian yang sudah kamu peroleh bagi perusahaan. Sampaikan sebanyak mungkin pencapaian yang telah kamu peroleh untuk mendapatkan kenaikan gaji setinggi mungkin.

Berikut ini 2 cara negosiasi gaji yang bisa kamu gunakan di tempat kerjamu.

Cara negosiasi gaji Noel Smith-Wenkle

Cara ini ditemukn oleh Noel Smith-Wenkle pada tahun 1980an. Aturan pertama pada cara ini adalah jangan pernah beritahu atasanmu nilai gaji yang kamu inginkan. Biarkan pihak perusahaan yang mengusulkan pertama kali.

Berikut caranya:

  1. Jika perusahaan memintamu menulis jumlah gaji tertentu di formulir, kosongkan saja.
  2. Jika kamu ditanya secara lisan, katakan “Saya lebih tertarik mengerjakan [jenis tugas] disini di [nama perusahaan] daripada tawaran awal.” Langkah ini setidaknya akan menghemat 40% waktu negosiasi.
  3. Jika kamu ditanya kembali, katakan, “Saya akan mempertimbangkan tawaran apapun yang masuk akal.” Ini adalah taktik mengulur gaji dan cukup efektif dalam menghemat 30% waktu.
  4. Pada sisa 30% waktu, ketika ditanya, sampaikan pada atasanmu, “Bapak/Ibu lebih paham tentng nilai saya kepada perusahaan daripada saya sendiri.” Ini adalah jawaban pamungkasmu dan berpeluang besar meningkatkan gaji.

Sekali lagi, tujuan cara ini adalah meamstikan perusahaan untuk pertama kali memberikan tawaran gaji. Ketika tawaran sudah dibuat, ada 2 pilihan. Jika tawarannya di atas keinginanmu, silahkan ambil. Jika di bawah keinginanmu, katakana tawarannya terlalu rendah, tapi jangan sekali-kali mengatakan harapan gaji barumu.

Cara negosiasi gaji Jack Chapman

Pada cara ini, ada 5 langkah penting yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan gajimu di tempatmu bekerja.

  1. Tunda negosiasi gaji sampai kamu dapat evaluasi karyawan

Hanya setelah evaluasi karyawan dikeluarkan dan kamu melihat perkembangan bagus selama berkarir di tempatmu bekerja, baru kamu boleh menegosiasikan gaji.

  1. Biarkan perusahaan yang memberi tawaran pertama

Langkah paling penting dalam negosiasi gaji adalah membiarkan perusahaan untuk pertama kali menawarkan gaji baru.

  1. Setelah mendengar tawaran gaji, sebutkan kembali jumlahnya dan berhenti bicara

Menurut sang penemu cara ini, ketika kamu berhenti bicara setelah mendengar tawaran gaji, kemungkinan besar gajimu akan dinaikkan. Metode ini sekaligus mengulur waktu agar kamu bisa memberi tekanan ke perusahaan. Tak jarang cara ini malah membuat perusahaan memberi tawaran gaji baru yang lebih tinggi.

  1. Bandingkan tawaran tersebut dengan nilai berbeda

Tanggapi tawaran yang diberikan berdasarkan informasi yang kamu ketahui tentang performamu di perusahaan tersebut, pangsa pasar perusahaan, dan perusahaan itu sendiri. Ketiga hal ini sangat penting, jadi pastikan kamu sudah melakukan semacam penelitian sebelum memberikan tanggapan.

  1. Kunci tawarannya

Langkah terakhir dari cara negosiasi gaji adalah mengunci tawarannya. Lakukan langkah ini hanya jika kamu mendapatkan tawaran gaji terbaik.

Tips Negosiasi Gaji

Selain kedua cara di atas, tips-tips berikut juga akan membantu kamu dalam memohon kenaikan gaji di tempatmu bekerja.

  • Bersiap

Sebelum mengajukan kenaikan gaji, pelajari terlebih dahulu besaran kenaikan gaji yang kamu inginkan, tapi tetap berikan ruang untuk negosiasi. Latih kemampuan negosiasimu dengan seseorang yang kamu percaya sampai kamu benar-benar yakin dengan kemampun negosiasimu.

  • Diam

Dalam menegosiasikan gaji, beri banyak waktu untuk perusahaan sepanjang proses negosiasi. Seperti yang dianjurkan pada metode Chapman, ketika kamu mendapat tawaran gaji, berapapun jumlahnya, coba diam untuk sementara waktu. Memang ini kedengaran agak aneh, tapi cukup efektif dalam meningkatkan peluang kenaikan gaji.

  • Berkeras

Dalam banyak kasus, perusahaan akan menolak keinginanmu naik gaji. Jangan biarkan ini menghalangimu. Beri penekanan kembali pada perusahaan, dengan cara yang sopan, sambil memberikan alasan di balik permohonan tersebut. Jelaskan manfaat apa saja yang akan diterima perusahaan dari investasi gaji tersebut.

Lihat tips cara daftar kerja via email disini